Aug 3, 2011
admin

Kuliner Bandung : Warung Lela



Sejak duduk di bangku SMU dan sedang unyu-unyunya, saya punya tempat makan bakso favorit. Walaupun tempatnya jauh di balik bukit Dago dan harus menempuh jalan berliku dan naik turun, namun suasana tempatnya yang homy dan juga Baksonya yang lezat menjadi ganjaran yang setimpal. Ketika itu memang belum ada nama resmi, jadi saya dan teman-teman menyebutnya bakso Tante Lela, diambil dari nama penjualnya yang merupakan ibunda dari teman main saya.

Kini lebih dari sepulih tahun setelah saya lulus SMU, rumah teman saya ini tetap menjadi favorit saya. Sekarang lebih terkenal dengan nama Warung Lela atau singkatnya, Wale. Tepatnya di jalan Kupa daerah Cigadung, Dago. Kini lahannya pun lebih besar, tanah didepannya dijadikan sebagai tempat makan yang luasnya dua kali dari rumah aslinya. Tetap mengusung konsep yang sama dengan rumah utama. Ukiran kayu, oranamen berbau vintage dan meja dan kursi kayu yang khas didukung rindangnya tanaman sejalan dengan semilir angin yang membuat atmosfir tempat ini menjadi sempurna.

Saya selalu memesan menu yang sama saya pesan pertama kali 10 tahun yang lalu, yamin manis spesial. Cita rasanya tidak berubah, sama ketika pertama kali saya memesannya. Gurih, mienya empuk, tidak berlebih minyak dan manisnya pas. Sepertinya kecap manis yang disediakan diatas meja hanya berjodoh dengan pangsit gorengnya. Ditambah dengan Siomay yang sangat terasa ikannya dan baso tahu yang empuk dihidangkan dalam kuah terpisah.

Kini Warung Lela memiliki daftar makanan yang beragam, mie ayam jamur yang saya cicipi dari mangkuk teman saya juga ternyata tak kalah enaknya. Mienya juga empuk dan bumbunya gurih ringan, pas sekali di lidah. Kini bahkan tersedia juga makanan diluar mie untuk mengakomodir pengunjung yang ingin mencoba masakan lain.

Kenapa saya memesan menu yang sama, karena jaman dahulu pertama kali menunya hanya antara yamin manis dan yamin asin. Dan selain memang enak, sepertinya ada bumbu nostalgia yang membawa kenangan dari masa muda saya setiap datang ke Warung Lela

2 Comments

  • Wihh.. foto mienya bagus banget.. highlightnya cakep. Bandung khas banget ya dgn Yamien… kangen jalan2 lagi ke Bandung.. :)
    Lam kenal yaa..

Leave a comment