Jul 13, 2016
admin

Kuliner Australia Barat : Oakover Grounds, Swan Valley


Oleh : Philardi Ogi

Seperti seekor anjing dalam mobil yang berjalan, mata saya tak henti hentinya memandang keluar jendela dari jendela kaca bis yang saya tumpangi dari kota Perth menuju Swan Valley. Kami belum lama meninggalkan kota Guildford, gerbang masuk menuju Swan valley., namun saya sudah dimanjakan dengan pemandangan khas Australia Barat, Padang rumput hijau perternakan yang membentang dan deretean perkebunan anggur yang terpola rapi. Kadang saya melihat beberapa domba putih yang berlarian atau sapi gemuk yang bermalas malasan di padang rumput yang sepertinya menikmati cuaca musim semi pada saat itu. Pemandangan yang biasa saya lihat di iklan susu televisi.

Swan Valley sebenarnya identik dengan perkebunan anggur, ini karena iklim dan karakter tanah yang cocok utnuk menananm anggur. Kebanyakan kebun anggur di Swan Valley adalah dimiliki imigran eropa yang sudah menetap hingga kini sudah masuk ke generasi kelima.

Namun bukan minuman anggur yang membuat saya terkesima dengan Swan Valley, adalah Overoak Grounds, sebuah sentra kuliner yang menggabungkan makanan khas Australia Barat, racikan kopi dengan pilihan bijih yang berkelas dan daftar pilihan anggur yang panjang.

Overoaks Grounds menawarkan suatu sajian yang tidak tertera di menu, yaitu sebuah pengalaman bersantap outdoor di tengah perkebunan anggur dengan pemandangan hijau yang memanjakan mata.

Memasuki gerbang masuk saja saya sudah dimanjakan dengan hamparan hijau rumput luas dengan latar belakang kebun anggur dan pesona danau buatan yang dihuni kumpulan bebek yang bersautan. Di area makan, Overoak grounds memiliki kebun apik dengan pohoan oak yang rindang dan veranda yang langsung menghadap ke danau.

Tak hanya itu,Overoak grounds juga memiliki interior ruangan yang mengadopsi sebuah gudang besar bekas penyimpanan anggur yang diubah menjadi gaya industrial yang eksentrik. Dengan lantai beton mengkilap yang dicat dengan motif bunga terkesan bergaya hippies dan pernik dekorasi bergaya retro pilihan untuk bersantap dalam ruangan juga tak kalah menarik.


Udara musim gugur yang dingin membuat saya dan rombongan lebih memiliih untuk bersantap dengan suasana outdoor. Pilihan hidangan saya serahkan pada Megan, seorang pramusaji yang juga merangkap barista. Megan meyarankan salah satu menu favorit yaitu Char Grilled Burger Pilihan Megan memang jitu, Burger dengan daging patty yang lembut dibungkus roti yang renyah disajikan dengan kentang goreng tandas tidak bersisa di depan saya dalam hitungan menit.

Untuk menutup hidangan, saya memesan pilihan menu kopi, Overoakgrounds juga memiliki gerai kopi yangdikelola Fiori Roastery yang sudah terkenal di Australia, saya memesan Paddle, yaitu sajian beberapa jenis macam kopi yang terdiri dari Espresso, cold brew dan Chemex, semacam platter dalam bentuk kopi. Yang menemai saya bersantai di bawah pohon Oak dan berbaring diantara rerumputan sambil dibelai tipan angin sejuk.

OAKOVER GROUNDS
14 Yukich Cl, Middle Swan WA 6056, Australia
+61 8 9374 8000

1 Comment

  • Aku juga mau menikmati musim gugur disana #NungguAdaYangNgajak

Leave a comment