Feb 8, 2016
admin

PEOPLE OF JAPAN


Oleh : Philardi Ogi

Saya berdiri di tengah ratusan manusia yang berlalu lalang di stasiunShinjuku. Kepala saya menunduk mencermati uang recehan di tangan saya, mencari pecahan koin untuk saya masukan ke lemari penitipan barang otomatis yang hanya menerima uang koin. Tak lama, seorang ibu paruh baya menepuk bahu saya, “butuh koin?” tanyanya sambil memperlihatkan puluhan koin 100 Yen dalam dompetnya yang saya butuhkan. Ini adalah kali ketiga dalam dua hari di Tokyo seorang yang tak saya kenal membantu saya tanpa saya minta, sebelumnya seorang gadis sekolahan yang membantu saya mengarahkan kereta dari Odaiba ke Ginza, malah memberikan saya sebuah souvenir origami berbentuk burung.

Sebagai kota yang sibuk dengan manusia yang tak hentinya mengejar waktu, Tokyo masih menyimpan kearifan masyarakatnya yang tidak luntur akan modernitas. Kyoto sebagai kota dengan sarat budaya Jepang juga tidak jauh berbeda, satu sudut dipenuhi lelaki dengan jas dan tas kerja yang terburu-buru, di sudut lainnya yang penuh dengan bangunan peninggalan kaisar Edo, waktu bergerak terasa lebih lambat dengan wanita berseliweran dengan menggunakan Yukata< pakaian tradisional Japang.

Walaupun terkenal ramah dan tak segan membantu, namun mereka juga tertutup untuk hal pribadi, untuk foto misalnya, sering kali saya menerima penolakan dari mereka yang tak ingin wajahnya diabadikan turis asing. mungkin dari 9 foto yang ada di halaman ini, adalah hasil dari puluhan pendakatan. Tapi itu tidak menyapu kesan ramah mereka, walaupun dengan bahasa Inggris yang terbata-bata atau bahasa tubuh seadanya, toh gesture mereka tetap sopan dan ramah.

So, berikut adalah beberapa hasil foto yang berhasli saya dapatkan, Enjoy.

Ken and Yama, Together since 1985


Seen in Sensoji Temple


Momo, Tourist from Osaka, seen ini Sensoji Temple.


Playing Maiko, Seen in Kiyomizudera, Kyoto


Sisterhood level : Matching Hello Kitty Purse
Seen in Kiyomizudera, Kyoto


Seen in Kiyomizudera, Kyoto


Painter in Sanen-zaka, Kyoto


Kotaro, Rickshaw man in Arashiyama, Kyoto


Seen in Harajuku, Tokyo

4 Comments

Leave a comment