Oct 15, 2012
admin

Pulau Kakaban, Kalimantan Timur


Oleh Philardi Ogi

“Come Swim with the stingless Jellyfish” begitu judul surat elaktronik yang dikirmkan teman saya.

Sepotong judul dari surat elektronik tadi begitu menggoda hasrat traveling saya, apalagi mengetahui bahwa stingless jellyfish sangat jarang ditemukan, hanya ada 2 tempat di dunia dan salah satunya di negeri sendiri!.

Berenang bersama ubur-ubur yang memang menjadi punchline dari perjalanan saya ke kepulauan Derawan, bahkan sebelum berangkat sudah membayangkan pose foto dalam air bareng si ubur-ubur nantinya. gaya nungging? apa gaya gangnam atau gaya syahrini monyongin bibir?

Ah, semua pikiran narsis itu sirna ketika sudah sampai di danau Kakaban, tidak perlu jauh dari dermaga ke tengah danau untuk melihat ubur-ubur ini, hanya berenang beberapa meter saja saya sudah dikepung oleh ubur-ubur yang ramah. Namun kita harus berhati-hati berenang agar tidak menggangu atau melukai sang ubur-ubur yang rentan ini. Satu kibasan fin dari kaki saya langsung membuat si ubur-ubur terpelanting tidak beraturan. Teman saya lebih parah lagi, niat hati menyentuh bagian bawah ubur-ubur untuk memastikan memang tidak menyegat, eeeh malah membuat badan sang ubur-ubur tercerai berai!hadeeeh.

So, saran saya, berenang berhati-hatilah dan dengan lemah lembut ubur-ubur di pulau ini jumlahnya banyak sekali. Jadi meleng sedikit kita bisa menggangu mereka, gausah terlalu penasaran mengunyek–nguyek ubur-uburnya atau malah membawa mereka keluar dari air.

Namun ternyata pulau Kakaban bukan hanya ubur-ubur saja, sebelum memasuki pulaunya kita dapat snorkeling tidak jauh dari bibir pantai, dimana terdapat satu drop off panjang dan dihuni bermacam-macam karang dan berbagai macam ikan laut. Akan lebih baik snorkeling ketika matahari sedang terik, visibility nya menjadi lebih jelas untuk melihat ikan warna warni yang sembunyi di drop off

Oiya, tidak perlu takut tenggelam apabila bersnorkling di danau Kakaban. Danau ini merupakan endapan air laut yang terperangkap dari letusan gunung ribuan tahun yang lalu!. Ya, ribuan seperti lapisan coklat wafer. Jadi kita akan mengambang seperti di lautan apabila berenang di pulau ini.

Si ubur-ubur kehilangan kemampuan menyengatnya karena sudah tidak ada predator yang memangsa mereka di danau ini, jadilah mereka tidak perlu mempertahankan diri. Makannya jangan sampai kita mengencam kehidupan mereka, nanti kelamaan mereka akan mengaktifkan kembali si sengatnya hehe.

3 Comments

  • Thanks very interesting blog!

  • Kalimantan rupanya menyimpan beberapa objek wisata yang sangat menarik

  • wuih bagus bangetpemandangannya, kapan kapan kesana ah :D

Leave a comment

Mainmakan travelblog adalah kumpulan cerita perjalanan traveling dan kuliner, merupakan sarana berbagi pengalaman bagi kita semua, ayo ceritakan pengalaman anda. Klik disini untuk lebih lengkapnya

MAINMAKAN FACEBOOK PAGE

MAINMAKAN INSTAGRAM

WE ARE PART OF :